Rabu, 23 Maret 2011

Demam Sepeda Fixie

 


Beberapa bulan belakangan ini sepeda fixie mulai di kenal di Indonesia,dan menjadi gaya hidup di kalangan muda sekarang,Mungkin anak muda sekarang banyak yang memiliki sepeda fixie,mungkin kamu juga punya???,,,,and ada yang bilang kalau gk punya sepeda fixie gk GAUL,,ada yg bilang juga sepeda Fixie,sepeda ALAY,karena warnanya yang rame kli yakk?,,hahaha,Tapi saya kurang tau siapa yang pertama kali membawa sepeda fixie ini ke Indonesia,,katanya si orang bandung,,i dont know??..
Dan ini sedikit penjelasan mengenai sepeda fixie

Apakah  sepeda Fixie.
Sepeda Fixie identik dengan sepeda tanpa rem, tanpa gear dinamis belakang. Semua dibuat fix, roda berputar maka pedal ikut berputar. Mengerem sepeda Fixie hanya mengandalkan kekuatan pedal dengan menahan laju atau mendorong pedal ke belakang serta dibantu dari roda depan.
Ban sepeda Fixie juga tipis, sehingga ringan ketika di genjot. dan yang lain menarik pada bagian stang. Dimana stang atau handlebar sepeda Fixie dibuat dengan tegak lurus. Minimalis disain menjadi ciri sepeda single speed ini.



keunikan dari sepeda Fixie
Ini gaya sepeda anda, masalah warna mengikuti selera. Komponen sepeda Fixie tahun ini sudah sangat banyak dan murah. Mau menganti ban dengan warna merah juga boleh, atau kuning susu juga ada, atau membuat sepeda dengan warna putih semuanya juga bisa.
Urusan frame, bila membeli frame jenis rakitan lebih seru. Beli frame polos lalu di cat sesuka hati pemiliknya.
Velg atau Rim Fixie, memiliki beraneka model walaupun bentuknya sama bundar tetapi ada beberapa velg dibuat lebih tebal. Warnanya dari hitam dan putih sudah banyak dipasaran.
Urusan Stang sepeda Fixie juga unik. Dibuat lebih pendek sehingga bisa menyelinap diantara kemacetan kendaraan. Ingin mempertahankan stang atau handlebar sepeda lama juga boleh.
Yang paling asik dengan sepeda Fixie, sepeda ini bisa maju mundur sesuka hati. Digenjot bisa maju atau digenjot kebelakang maka sepeda akan mundur. Maklum sepeda ini umumnya mengunakan gigi belakang tipe fix gear atau gear tetap.
Yang pasti , karena mengikuti gaya minimalis. Sepeda Fixie memang ringan. Rata rata beratnya tidak lebih dari 11kg, bahkan ada yang jauh lebih ringan.


Nah,,berawal dari Boomingnya sepeda fixie di kalangan muda jaman sekarang saya berniat membuat sepeda fixie,,yah,,gk usah yg mahal-mahal lah asal bisa GOES and bergaya itu aja juga cukup,,lumayan dah abis 1.6 jt..
mulai dari Frame,wheelset,stang,rantai,saya kumpulin untuk di rakit sendiri,,soalnya kalau ngrakit sendiri bisa di modifikasi sendiri sesuka kita,and harganya bisa di sesuaikan sama isi kantong kita,,setelah seminggu ngerakit akhirnya sepeda fixie saya sudah jadi dan siap untuk di buat jalan2 keliling kota depok,,hehehe,,
Pada malam harinya saya dan teman-teman saya,sesama pemakai sepeda fixie jalan-jalan di sekitar kota depok,,wah tenyata di jalan banyak juga yang pakai sepeda fixie,,kami pun menyapa walau gk kenal siapa dia,,gpp dah sesama pemakai sepeda fixie harus ramah,,,hahahay
lumayan juga sihh setiap di jalan2 ada saja mata yang melirik ke arah kita,,bahkan ada yang nanya2 tentang sepeda fixie,,mungkin itu tadi di karenakan sepeda fixie simple,unik dan color full jadi enak di pandang mata...hehehe
Lagi enaknya jalan-jalan di depan ada turunan yang lumayan curam,,,sempat berpikir balakan nyungsep nie...waduuhhh gimana nie mana gk ada remnya lagi,,-_-",dan di depan juga ada mobil,,,mati dah gw..akhirnya saya jalan perlahan sambil menahan pedal yang berat ini,ehhh di depan gw ada  temen yang gk bisa nahan pedal juga,,dia hampir nabrak mobil,untuk di bisa nahan dan berbelok,,coba klo gk,wahhh,,,acara jalan2 bakal jadi acara berbelasungkawa dahh...kalau temen2 saya yg udah lama main fixie udah bisa skid,,jadi gk masalah ada turunan..Nah setelah turunan terlewati kami pun melanjut kan nya di jalan raya,,,lagi asik nya ngeGOES ada sebuah mobil dpgn kecepatan cukup kencang ingin menyalip mobil angkot,temen gw yg di depan hampir keserempet mobil tuh,,mulai dah kata sumpah serapah di keluarin dari mulit pengendara mobil itu sama temen gw,,,aduuhhh,,banyak juga yah cobaan suka dan duka bagi pengendara sepeda,,tapi gpp lah kalau udah asik main sepeda lanjjuuuttttt aja dahh...

setelah jalan2 yang cukup melelahkan bagi saya,saya dan teman2 beristirahat dan foto2 dlu sebentar,,,gaya dikit daah...jgn di katain alay yakk ..:D




Dan setelah beristirahat kitapun melanjut kan night ride nya,,untuk kembali ke cek point yaitu ke rumah masing-masing,,Selanjut nya kita akan CFD di bogor atau jakarta liat kondisi juga dah,,,
nah sekian dlu cerita saya mengenai sepeda fixie ini,,mudah2an temen-temen mau bersepeda untuk ke sekolah,kantor,atau pun jalan-jalan,,,dengan demikian kita telah berpartisipasi dalam rangka menghijaukan bumi kita kembali,,,GO GREEN..,..

Artikel Terkait

1 komentar:

KameraFoto mengatakan...

mang keren neh speda... :)

Posting Komentar

Terima kasih anda telah menyukai/berkomentar ..Komentar yang anda tulis sangat berarti bagi kemajuan blog ini.THX.